Senin, 15 Desember 2008

Wisata Kotagede Yogyakarta

Selain sebagai sentra produksi dan pusat penjualan kerajinan perak dan tembaga di jogjakarta, Kotagede juga memiliki object wiata lain beberapa diantaranya adalah wisata jiarah makam raja Kesultanan yang pertama Makam Penembahan senopati yang terletak kira-kira 200m di sebelah selatan pasar Kotagede Jogja, di sekitar makam juga berdiri mesjid pertama di yogyakarta yaitu masjid perak atau masjid penembahan senopati yang berada satu komplek dengan makan, masjid ini juga diduplikasi menjadi masjid agung Yogyakarta yang berada di Alun-alun Utara di kraton Jogjakarta, dimana bentuk secara keseluruhan identik hanya ukurannya saja yang berbeda.

Di kotagede juga ada wisata Yang diadakan setiap tahun sekali yaitu pestival budaya Kotagede, dimana setiap penyelenggaraan diadakan pawai carnaval dan sore hingga malam harinya di adakan pentas segala jenis musik dan wayang di hampir seluruh sudut kotagede dengan banyak panggung.

Juga yang diadakan setiap tahun adalah Takbir keliling anak-anak yang diadakan setiap malam idul fitri dan idul adha, pawai anak-anak menjadi object wisata tersendiri karena pakaian dan aksesoris pendukung takbiran memang sangat bagus dan ini diikuti selurus musolla, masjid, kelompok pengajian diseluruh kotagede yang jumlahnya cukup banyak. dimana durasi waktu yang digunakan biasanya selama dua jam.. takbir ini juga yang akhirnya menjadi contoh bagi pemerintah kota dan kabupaten yang juga setiap tahun mengadakan takbir keliling.

Selain itu yang juga menjadi ikon kotagede adalah bangunan- bangunan kuno yang masih begitu banyak di seluruh kota gede yang menjadi hiburan tersendiri bagi mereka yang suka dengan aksitektur kona dan juga furnitur-furnitur kuno yang masih banyak dapat di jumpai...

Wisata kuliner juga menjadi andalan kotagede, dimana di sekitar kotagede ada RM Omahduwur, Resto Sekar Kedaton, RM Ayam Goreng Suharti, Resto Pilah dan Soto kondang Pak tembong dan Pak sabar...

Selamat menikmati KOtagede

Tamiang Tours Yogya
081 568 586 83/ 0274 6586303

Tidak ada komentar: